PENTINGNYA SISTEM INFORMASI KESEHATAN

Hallo sahabat AP BLOG !!! setelah saya menjelaskan tentang optimasi blog untuk informasi keseha di postingan saya sebelumnya, sekarang saya akan menjelaskan seputar sistem informasi kesehatan.




mungkin anda mempunyai banyak hal yang ingin ditanyakan mengenai judul postingan saya kali ini seperti;

    Apa sistem Informasi Kesehatan itu?
    Manfaat dari sistem informasi kesehatan?

Nah sahabat AP BLOG!!! mari kita bahas 2 poin tersebut.


1. apa itu SIK

Sistem Informasi Kesehatan (SIK)  adalah integrasi antara perangkat, prosedur  dan kebijakan yang digunakan untuk mengelola siklus informasi secara sistematis untuk mendukung pelaksanaan manajemen kesehatan yang terpadu dan menyeluruh dalam kerangka pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Dalam literature lain menyebutkan bahwa SIK adalah suatu sistem pengelolaan data dan informasi kesehatan di semua tingkat pemerintahan secara sistematis dan terintegrasi untuk mendukung manajemen kesehatan dalam rangka peningkatan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

jadi sahabat AP BLOG, SIK itu merupakan suatu sistem yang berisikan data dari sebuah informasi kesehatan untuk menunjang pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

2. Manfaat dari SIK

World Health Organization (WHO) menilai bahwa investasi sistem informasi menuai beberapa keuntungan, antara lain:
  • Membantu pengambil keputusan untuk mendeteksi dan mengendalikan masalah kesehatan, memantau perkembangan dan meningkatkannya.
  • Pemberdayaan individu dan komunitas dengan cepat dan mudah dipahami  serta melakukan berbagai perbaikan  kualitas pelayanan kesehatan.

Manfaat adanya sistem informasi kesehatan dalam suatu fasilitas kesehatan diantaranya:

  • memudahkan setiap pasien untuk melakukan pengobatan di rumah sakit.
  • memudahkan rumah sakit untuk mendaftar setiap pasien yang berobat di situ.
  • semua kegiatan di rumah sakit terkontrol dengan baik / bekerja secara tersturktur.

Nah sahabat AP BLOG setelah mengetahui apa itu SIK dan apa saja maanfaat nya, jelas sangat penting  SISTEM INFORMASI KESEHATAN dalam dunia kesehatan.

sekian dulu postingan dari saya semoga bermanfaat!!!

terima kasih

2 komentar: